Cara memperbaiki power supply yang lemah


Power supply komputer merupakan bagian terpending dari komputer dalam manusia power supply di ibarakan sebagai jantung, hal tersebut dikarenakan power supply atau biasa disebut psu berfungsu sebagai pemberi daya atau listrik pada komponen komponen yang ada pada komputer.

Power supply itu, sesuai dengan namanya sebuah perangkat yang berfungsi untuk men-supply atau memberi daya listrik bagi komponen-komponen lain.didalamnya terdapat bagian-bagian lagi dan memiliki fungsi yang berbeda-beda, missal untuk mengubah arus AC menjadi DV, untuk menurunkan tegangan dan juga menstabilkan tegangan yang dihasilkan, karena fungsi power supply sangat penting untuk komputer itu sendiri, maka jika di lemah atau rusak di salah satu bagian makan komputer itu sendiri akan terganggu dan sampai komputer tersebut tidak bisa menyala.

Power supply komputer ini tentunya seperti halnya elektronik lainnya yang tentunya dapat rusak, power supply ini bertugas menjaga daya agar nantinya bisa tetap dalam keadaan yang baik, tentunya hal ini rentan membuat power supply komputer lemah.

Dan berikut adalah tanda-tanda jika power supply komputer anda mengalami kerusakan atau lemah :
Komputer anda tidak dapat dihidupkan.
Komputer sering mengalami restart.
Komputer yang sering mati tanpa sebab.
Power supply komputer yang mati total.

Jika anda pernah mengalami tanda-tanda tersebuat pada komputer anda, kemingkunan bersar power supply komputer anda yang lemah atau rusak, berikut adalah bagamana cara memperbaiki power supply komputer yang lemah :

Cara memperbaiki power supply yang lemah atau mati total :
1. Buka casing komputer dan cek kabel-kabel power supply tertancap dengang benar atau tidak
2. Buka casing power supply dan periksa sikringnya atau fuse, pastikan kondisinya baik, untuk memeriksanya anda harus menggunakan multi tester.
3. Gunakan alat penyeimbang tegangan seperti stabilizer dan kurangi komponen-komponen hardware pada komputer anda.
4. Bersikan di seluluh bagian power supply tdari kotoran maupun debu.
5. Perhatikan juga kabel-kabel didalam casing power supply, dan pasyikan tidak ada yang mengelupas ataupun putus.
6. Jika tidak bisa, ganti power supply dengan yang baru dan juga kapasitas yang lebih besar dari komponen-komponen hardware yang dibutuhkan.

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment