Pengertian dan fungsi monitor pada komputer



Pengertian dan fungsi monitor pada computer. Monitor adalah perangkat keras yang sangat penting pada computer anda, jika anda tidak memiliki monitor maka anda akan kesulitan menggunakan komputer Karena anda tidak bisa melihat tampilan yang ada dikomputer ataupun yang sedang berjalan pada komputer anda.

Pengertian monitor adalah sebuah perangkat elektronik yang termasuk dalam output device komputer. Monitor itu sendiri sebagai output device dari data tampilan grafis dari sebuah komputer. Komputer sangat memerlukan monitor. Maka dari itu peran monitor sangat lah penting bagi sebuah komputer. Pada monitor terbagi banyak jenis yaitu

1.Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor ini sering disebut monitor tabung karena bentuknya yang berbentuk seperti tabung, tetapi pada saat ini monitor ini sudah jarang digunakan karena sudah terlalu kuno dan juga tidak cocok dengan komputer pada saat ini.
2.Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Monitor ini memiliki display tingkat presisis yang tinggi serta menghasilkan gambar yang benar-benar datar. LCD merupakan monitor yang jenis media tampilan yang menggunakan bahan liquid kristal. Pada saat ini monitor LCD masih sering digunakan karena hasil tampilannya yang baik serta tidak membuat mata sakit.
3.Monitor LED 
Monitor LED adalah monitor generasi baru , monitor ini sangat mirip dengan monitor jenis LCD tami yang membedakan monitor ini dengan LCD adalah jumlah pixelnya yang banyak membuat gambarnya terlihat lebih nyata.

Fungsi monitor untuk komputer adalah sebagai output dari memori grafis komputer atau dari CPU yang berupa bilangan biner. Karena komputer hanya mengerti Bahasa bilangan biner maka monitor sebgai penerjemah bilangan biner ke sipengguna agar si pengguna bisa beraktivitas dengan komputernnya.
Karena semua monitor memiliki ukuran yang berbeda beda dari ukuran monitor itu sendiri sampai resilusi si moniter tersebut. Misalkan anda memiliki monitor yang berukuran 17” maka monitor anda pasti memiliki resolusi 1024x768, sedangkan jika layar 20” maka akan mendapatkan resolusi 1600x1200 jadi setiap ukuran memiliki resolusi yang berbeda-beda pada setiap komputer.

SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment